Cari
  • Muhammad Rio Ferdiansyah

Terbaik ! Cara Kemas Barang Pecah Belah Anti Pecah



Pelaku usaha online saat ini berkembang dengan cukup pesat. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 2019 dengan sampel sebanyak 17.063 usaha yang tersebar di seluruh Indonesia, 95 % menjalankan bisnisnya secara online (Statistik E-Commerce, Badan Pusat Statistik, 2020).


Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pengiriman merupakan hal penting dalam menjalankan bisnis online. Pengiriman yang baik dapat menjadi tolak ukur kualitas usaha yang dijalankan dalam bisnis online. Dari pengiriman, tingkat kepuasan pelanggan akan didapatkan dan yang menjadi tolak ukur biasanya adalah tingkat kecepatan pengiriman serta keamanan barang dari kerusakan.


Barang pecah belah merupakan jenis barang yang perlu perhatian ekstra dalam pengemasan. Ini merupakan tantangan tersulit untuk anda dalam menjalankan bisnis produk pecah belah seperti gelas, piring, botol, atau produk lain berbahan dasar kaca atau keramik.

Pengemasan merupakan satu hal yang yang paling penting demi menjaga kelangsungan bisnis para pelaku usaha jenis ini karena resiko tingkat pengembalian barang rusak akan sangat tinggi jika pengemasan tidak dilakukan dengan baik. Diluar negeri sendiri untuk produk jenis ini mereka sudah melakukan inovasi dalam material pengemasan khusus pengiriman menggunakan udara seperti inflatable bubble wrap, air cushion pillow, air bag cushion, dan masih banyak lagi.


Dilansir dari mediakonsumen.com tahun 2021, masih banyak kasus barang yang rusak saat pengiriman dan kesulitan untuk meminta tanggung jawab pihak penyedia layanan pengiriman.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini kami coba jabarkan beberapa cara pengemasan produk yang dirasa cukup aman untuk mengemas produk pecah belah anda.


Lapisi Produk Dengan Bubble Wrap atau Ro Boba



Bubble wrap merupakan kemasan pengiriman yang cukup banyak digunakan di Indonesia. Bubble wrap sendiri merupakan plastik dengan gelembung – gelembung kecil yang dapat menahan benturan, namun masih banyak ditemukan kasus produk tetap pecah atau rusak saat pengiriman barang menggunakan bubble wrap karena plastiknya yang tipis dan gelembungnya yang tidak cukup besar.


Ro boba merupakan bubble wrap premium yang dapat anda pompa apabila ingin dipakai dapat menghemat space gudang karena ukurannya yang minim. Dengan tampilan yang lebih premium dan bubble yang lebih besar, Ro Boba dirasa cukup lebih baik dari bubble wrap dari segi kekuatan dan keperluan branding produk anda.

Gunakan Bubble Wrap atau Ro Boba pada produk cukup satu lapis hanya untuk mencegah sentuhan langsung produk dengan material penemasan lain.


Kemas dengan Ro Air atau Ro Airbag





Ro Air atau Ro Airbag biasa disebut dengan inflatable bubble wrap merupakan kemasan pengiriman seperti bubble wrap yang banyak digunakan saat pengiriman barang di luar negeri. Ro air dibuat dengan plastik yang lebih tebal dari bubble wrap biasa, cara pakai ro air sendiri hanya perlu memompanya menggunakan mesin Ro Fill atau Mini Ro Fill, hal ini sebenarnya memiliki hal positif jika diterapkan pada gudang pengemasan produk anda karena dapat menghemat ruangan dengan desainnya yang jauh lebih minimalis dari bubble wrap.

Kemasan ini merupakan kemasan terpenting dalam pengemasan barang pecah belah karena tingkat keamanannya tiga kali lebih kuat dari bubble wrap.

Ro air sendiri didesain dengan tekanan udara yang cukup kuat untuk menahan benturan selama proses pengiriman barang dengan material plastic yang cukup tebal


Kemas Dengan Kardus



Kardus sendiri merupakan material pengemasan yang sudah banyak digunakan para pelaku bisnis untuk mengemas produk, selain untuk mencegah kerusakan pada produk, kardus juga berperan sebagai alat pemasaran dengan menampilkan merek dan informasi produk. Karton atau kardus sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya single face, single wall, double wall ataupun tripel wall yang banyak tersedia dipasaran.


Peran kardus dalam pengemasan produk pecah belah juga cukup penting untuk mencegah ro air atau ro air bag terkena sentuhan benda - benda yang cukup tajam selama proses pengiriman barang


Lapisi Dengan Bubble Wrap Dibagian Luar



Sebenarnya setelah pelapisan dengan kardus sudah cukup aman untuk proses pengiriman, namun untuk memastikan keamanan produk bubble wrap dirasa cukup untuk membantu pengemasan produk agar lebih aman saat proses pengiriman barang. Guna menghidari kardus rusak apabila terkena air atau hal-hal lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada kardus sehingga kualitas kardus tetap terjaga sampai ketangan konsumen.




Hal diatas merupakan tahap – tahap dari cara pengemasan produk pecah belah yang kami bagiakan berdasarkan pengalaman kami di dunia pengemasan produk selama beberapa tahun. Adapun hal lain yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada barang pecah belah adalah dengan menggunakan palet atau packing kayu. Namun banyak pelaku usaha yang merasa biaya untuk jasa pengemasan menggnakan kayu masih tergolong cukup mahal untuk mereka yang memiliki keuntungan kecil dari bisnisnya ditambah lagi packing kayu dapat menambah berat barang yang dapat menambah biaya kirim barang. Semoga dengan informasi ini kami dapat membantu bisnis anda berkembang dengan memberikan solusi pengemasan produk yang terbaik.




#pecahbelah #packaging #pengemasan #antipecah #roair #roboba #roairbag #rocketpack



20 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua