Cari
  • Muhammad Rio Ferdiansyah

Tips Packing Wine atau Minuman botol 99,9% Anti Pecah Tanpa Packing Kayu

Diperbarui: Nov 23



Pengiriman barang atau distribusi memiliki peran penting dalam kelangsungan bisnis, khususnys bisnis online. Banyak sekali permasalahan yang dihadapi para pebisnis dalam urusan pengiriman barang seperti barang yang rentan rusak, keterlambatan pengiriman, barang hilang, bahkan penolakan penerimaan barang dari penyedia jasa pengiriman.


Produk-produk yang berbentuk cairan dan rawan rusak seperti wine, kecap botol, madu botol, sirup, hand sanitizer, dan produk-produk yang berbentuk cairan lainnya kemungkinan besar akan ditolak penyedia jasa pengiriman barang seperti JNE, JNT, SiCepat, AnterAja dan lainnya apabila pengemasan atau packing produknya dirasa tidak cukup aman.


Sebenarnya ada beberapa cara agar barang diterima pihak ekspedisi salah satunya dengan packing kayu atau palet, namun untuk beberapa pebisnis packing kayu dinilai terlalu mahal untuk mereka yang hanya mengambil untung kecil. Dari masalah tersebut, kami coba jabarkan tips cara pengemasan produk cair atau botol kaca agar aman dan tidak pecah tanpa packing kayu.


Pastikan Produk Siap Dipacking


Hal pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah memastikan produk sudah siap dikemas, pastikan tutup botol sudah ditutup rapat apabila produk berupa botol dan pastikan tidak ada kebocoran sehingga dapat dipastikan produk 100% siap di kemas.

Cari tahu bagian yang paling rentan dari produk, untuk produk botol biasanya bagian leher botol dan bagian dasar yang berbentuk lingkaran cukup rawan oleh karena itu anda perlu melapisinya dengan plastik atau kertas dibagian tersebut.


Pengemasan atau Wrapping


Wrapping atau pengemasan sendiri bisa dilakukan dengan menggunaan beberapa produk, diantaranya :


1. Bubble Wrap


Untuk produk botol kaca atau produk berbentuk cair, bubble wrap satu lapis tentunya tidak akan cukup untuk memastikan keamanan produk, perlu bubble wrap berlapis-lapis agar produk anda aman dari benturan selama pengiriman. Satu kekurangan lagi dari bubble wrap adalah dalam segi tampilan produk, bagi anda yang berpikir tampilan produk merupakan hal penting dalam bisnis anda mungkin bubble wrap tidak terlalu cocok untuk digunakan karena produk anda akan terlihat berantakan karena penggunaannya yang berlapis-lapis.


2. Ro Air Packaging Bubble Cushion



Ro air merupakan salah satu kemasan wrapping yang telah banyak digunakan oleh toko online diluar negeri untuk mengemas produk-produk yang rawan pecah. Dengan material plastik yang umumnya tiga kali lebih tebal dari bubble wrap ditambah dengan tekanan udara yang maksimal membuat produk ini cukup dapat diandalkan untuk pengemasan ditambah lagi tampilannya yang lebih premium dari bubble wrap biasa.




3. Ro Airbag Packaging Bubble Cushion



Sama halnya dengan ro air, Ro Airbag memiliki fungsi yang sama namun dengan desain yang berbeda. Ro Airbag didesain seperti kantung bubble yang dapat melindungi produk anda 360 derajat. Sehingga memungkinkan produk anda terlindungi disemua sisi. Untuk Ro Airbag anda hanya perlu menyesuaikan ukuran produk anda dengan ukuran Ro Airbag yang tersedia.





Kemas Dengan Kardus atau Karton Dibagian Luar


Setelah produk anda selesai diwrapping, tahap selanjutnya adalah kemas kembali menggunakan kardus atau karton untuk mencegang interaksi langsung dari luar. Karton atau kardus sendiri dapat melindungi anda dari sentuhan-sentuhan kasar seperti bantingan dan lain-lain sehingga produk anda aman dari segala resiko kerusakan.


Lapisi Dengan Bubble Wrap Diluar Kardus (Optional)


Pelapisan dengan bubble wrap dapat digunakan apabila anda merasa masih mungkin terjadi kerusakan yang pada produk yang sudah dikemas. Pelapisan dengan bubble wrap sebagai tahap akhir untuk memastikan produk anda aman sampai ketangan konsumen dan meyakinkan pihak penyedia jasa pengiriman menerima produk untuk dikirim.



Kurang lebih itu merupakan tipa cara packing produk wine atau minuman botol lain yang cukup aman selama pengiriman tanpa menggunakan palet atau peti kayu. Kiranya dapat membantu para seller online dalam menjalankan bisnisnya tanpa khawatir produknya rusak atau pecah selama proses pengiriman.





#packaging #wine #packingaman #rocketpack #packingmadu #pengiriman #roair

52 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua