Harga jasa packing kayu mahal?!, ini cara packing kayu murah tanpa packing kayu!
top of page
Search
  • Writer's pictureRocket Pack

Harga jasa packing kayu mahal?!, ini cara packing kayu murah tanpa packing kayu!

Updated: Feb 22



packaging kayu tidak aman


Penyedia layanan pengeiriman barang seperti JNE, J&T dan jasa ekspedisi lain, umumnya akan menawarkan jasa packing kayu dan asuransi apabila barang yang dikirim cukup bernilai seperti laptop, hp, hingga barang mewah lainnya. Berdasarkan syarat dan ketentuan yang ditetepkan, untuk JNE sendiri mereka menyarankan asuransi dan packing kayu atau palet apabila barang yang dikirim memiliki nilai 10 (sepuluh) kali biaya kirim.


JNE merupakan salah satu penyedia jasa pengiriman barang yang memberikan layanan packing kayu untuk pengguna jasanya. Untuk harga packing kayu itu sendiri dihitung berdasarkan rumus (harga barang x 0,2%) + Rp. 5.000 untuk biaya admin. Namun penggunaan packing kayu juga akan menambah berat barang dan biaya ongkos kirim akan bertambah.


Contoh saja sebuah laptop dengan berat 1 Kg terkena biaya kirim sebesar Rp. 30.000, Dengan harga laptop itu sendiri sebesar Rp. 5.000.000, apabila menggunakan packing kayu maka biayanya akan menjadi (Rp. 5.000.000 x 0,2%) + Rp. 5.000 / biaya admin + Rp. 30.000 /penambahan berat 1 kg, sehingga total yang harus dibayarkan menjadi Rp. 75.000.

Packing kayu (palet) sendiri merupakan kemasan tambahan yang terbuat dari kayu dan berfungsi untuk menghindari guncangan selama proses pengiriman barang. Barang-barang yang biasanya menggunakan packing kayu diantaranya laptop, smartphone, mesin, hingga alat – alat elektronik.


Lalu bagaimana caranya agar kita dapat menghemat biaya pengeluaran untuk jasa packing kayu itu sendiri. Berikut kami coba berbagi informasi tahap – tahap pengemasan yang aman tanpa menggunakan packing kayu untuk barang-barang yang memiliki ukuran tidak terlalu besar.


1. Wrapping atau Bungkus dengan Ro Air

Bungkus produk anda dengan Ro Air untuk menjaganya dari benturan selama pengiriman dengan bubble udara yang memiliki tekanan maksimal. Ro air sendiri di jual mulai dari harga Rp. 1.500/meter dan tersedia di marketplace Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Monotaro dan lain-lain.


2. Siapkan Karton Box atau Kardus

Tempatkan produk anda didalam karton box, usahakan ukurannya sesuai dengan ukuran produk anda atau tidak jauh lebih besar.


3. Gunakan Ro Block Untuk Mengisi Ruang Kosong didalam karton

Ro block dapat membantu menahan guncangan apabila masih terdapat ruang kosong didalam karton box anda. Ro block dijual dengan harga mulai dari Rp.55/pcs , harga yang sangat murah untuk packaging yang sangat bermanfaat ini. Produk ini tersedia di marketplace Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Monotaro dan lain-lain.


4. Lakban kardus dan Gunakan Ro Pro di Tiap sudut kardus

Gunakan ro pro pada sudut – sudut karton box anda untuk melindungi karton box anda dari kerusakan seperti penyok yang akan memberikan dampak pada produk anda didalam kardus. Ro pro dijual dengan harga mulai dari Rp. 600 / pcs dan tersedia di marketplace Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Monotaro dan lain-lain.


5. Lapisi kembali dengan Bubble Wrap diluar kardus

Lapisan bubble wrap dapat berfungsi sebagai keamanan tambahan apabila mungkin karton box terkena air atau hal lain yang memberikan dampak kerusakan pada karton box anda.


jenis jenis packaging

Jasa packing kayu yang diberikan oleh penyedia layanan pengiriman barang sebenarnya merupakan solusi yang cukup baik agar tingkat pengembalian barang yang akan merugikan penjual berkurang. Namun, harga packing yang cukup mahal akan berdampak pada pemasukan para penjual barang yang hanya mengambil untung kecil. Dari masalah tersebut kami coba berikan solusi dan informasi yang sekiranya dapat membantu UMKM Indonesia berkembang menjadi lebih sejahtera.


Informasi yang kami berikan berdasarkan pengalaman kami didunia pengemasan, namun tingkat keberhasilan cara packing tersebut masih tergantung pada jenis produk yang anda jual. Untuk produk-produk seperti smartphone, laptop, dan barang elektronik lain, cara ini dapat dilakukan karena pengalaman kami dengan beberapa perusahaan elektronik yang sudah menggunakan produk – produk pengemasan tersebut.




bottom of page